Ketawa Yook.!!!

Minggu belakang ini aku stres banget ngadepin UAS. Banyak banget yang aku pikirin, mulai dari UAS yang aku tidak begitu yakin, IP yang menurutku dapat dipastikan turun, ditambah banyak pemikiran lain yang tiba – tiba masuk dalam otakku.
Aku berfikir aku dah lama gak ketawa dan terasa ada yang aneh, rasanya suram.! Aku butuh tertawa.
Kalo saja aku tahu dari dulu tahu apa manfaat tertawa, aku gak bakal berhenti tertawa. :D
Kalian tahu gak manfaat dari tertawa.??
1. Menambah nafsu makan. Pada sebuah penelitian di Experimental Biology 2010 di Anaheim, California, peneliti menemukan kesamaan seputar efek yang dihasilkan pada selera makan antara pecinta olahraga dan tawa tulus yang dilakukan seseorang. Ternyata melakukan olahraga dan tertawa, dapat menormalisasi dan meningkatkan nafsu makan.
2. Meningkatkan kebahagiaan, mengurangi stress dan menurunkan risiko pengembangan penyakit kardiovaskuler. Tertawa dapat menurunkan tingkat kolesterol dan tekanan darah.
3. Menigkatkan kadar kolesterol baik sehingga dapat membantu bagi penderita diabetes. Tertawa juga dapat menurunkan risiko penyakit pembuluh darah dan jantung.
4. Pola nafas yang baik. Tertawa membuat pola nafas khusus yang baik bagi kesehatan organ – organ pernafasan.
5. Mengurangi rasa sakit. Tertawa merupakan proses alami yang mengurangi rasa sakit baik secara fisik maupun emosional. Stress berkurang, begitu pula rasa marah dan khawatir.

Dan tahu gak fakta yang ada.
1. Ada 17 otot wajah yang digunakan untuk tertawa, sedangkan mengerutkan kening butuh 47 otot wajah.
2. Tertawa 17 menit per hari dipercaya memperpanjang waktu hidup selama satu hari.
3. Tertawa selama 20 detik efeknya sama seperti 3 menit mendayung atau jogging pada kerja jantung.
4. Seseorang yang sering tertawa bahagia memiliki risiko penyakit jantung 40 persen labih rendah dibanding orang yang murung.
5. Tertawa terbahak-bahak dapat menurunkan hormone stre, kortisol sebanyak 39%, tingakat adrenalin (epinephrine) turun hingga 70% dan hormone endorphin, pembuat perasaan senang meningkat 27%. Kortisol adalah hormon stress yang sangat berbahaya.
6. Tertawa terbahak – bahak selama satu menit sama dengan 45 menit olahraga yang mengeluarkan keringat.
7. Menurut ahli humor Patty Wooten, rata – rata orang dewasa tertawa 50 kali sehari dan anak – anak 400 kali sehari.

WOW.!! Oh My GOSH. Jadi Ayook Tertawa.!!! :D


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

coretanku