ODD EYE .

Mata aneh, yaa kita bisa mengatakannya seperti itu dan memang aneh. Kedua mata kucing berwarna berbeda salah satu dari kedua matanya berwarna biru. Aku tertarik mencari berita mengenai odd eye ini karena kucingku yang bernama MEME memiliki mata odd eye. Kucing yang bermata odd eye memiliki warna bulu putih namun ada juga yang tidak berbulu putih. Dan tahukah kalian apa penyebab si kucing ini mengalami kejadian seperti ini. Teori genetika saat ini menganggap bahwa kucing menjadi odd eye karena dipengaruhi kerja salah satu dari dua gen, yaitu gen dominant white (W) atau spotting gene (S). Kita tahu bahwa gen dominan W membuat bulu kucing jadi berwarna solid white dan gen dominan S membuat warna kucing menjadi sebagian white atau yang kita kenal dengan bi-color. Sistem kerja dari dua gen ini mirip, yaitu keduanya menghambat pigmentasi yang kemudian akan membuat bulu jadi tidak berwarna (putih). Hanya bedanya gen W memblokir semua warna sedangkan gen S hanya sebagian warna.

Pada waktu terjadi pembuahan sel telur oleh sperma dan tumbuhlah janin dalam rahim maka semua sel mengalami pembelahan. Beberapa sel berkembang menjadi sel melanocyte yang bertugas memberikan warna pada bulu, termasuk juga warna mata. Seperti dijelaskan di atas bahwa gen W dan S bertugas memblokir pewarnaan ini. Akan tetapi pada mata bisa terjadi pemberian warna mata terus terjadi sampai sel berkembang menjadi janin, dalam kasus ini warna mata kucing akan normal. Sebaliknya bila pigmentasi berhenti sebelum sel berkembang menjadi janin, maka warna mata akan menjadi biru. Pada kasus odd eye, pigmentasi pada kedua mata tidak berjalan bersamaan, dan salah satu matanya berhenti mengalami pigmentasi lebih cepat dibanding yang lain.

Meskipun demikian, tidak semua ilmu pengetahuan dan teori yang dikuasai oleh manusia bisa menjelaskan terjadinya fenomena alam.















Oh iyaa kalo kucing ini difoto pake lampu flash maka akan tampak berwarna merah pada mata yang berwarna biru sedangkan di mata yang lain tidak. Hal ini berkaitan dengan efek kombinasi dari tapetum lucidum dikedua matanya dan tidak adanya melanin di mata yang berwarna biru. tapetum lucidum menghasilkan eyeshine (mata bercahaya) di kedua matanya, namun pada mata yang tidak berwarna biru lapisan melanin yang berada diatas tapetum lucidum memilih memindahkan beberapa warna

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

coretanku